Friday, July 13, 2012

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector - Menyelamatkan Data HDD

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector - Dan Menyelamatkan Data Hardisk Bad Sector adalah sebuah istilah dimana harddisk pada komputer gagal untuk membaca sebagian data pada harddisk. Bad Sector disebabkan oleh adanya kerusakan secara fisik pada harddisk. Beberapa gejala yang muncul akibat bad sector diantaranya; Harddisk menjadi lambat, terkadang menjadi Hang atau not responding, gagal dalam membuka / menyimpan file, bahkan gagal untuk booting. Untuk kasus yang lebih parah lagi dapat menghilangkan semua data yang ada.

Cara Mendeteksi Gejala Harddisk Bad Sector

Terdapat beberapa software yang dapat digunakan untuk mendeteksi gejala harddisk bad sector seperti HDTune, HDDScan, Easus Data Recovery atau HDD Health. Software tersebut dapat memeriksa kondisi ‘kesehatan’ harddisk anda sedini mungkin. Anda dapat mendownload ketiga software tersebut melalui link berikut:
Easus Data Recovery : www.easus.com
Ketiga software diatas dapat digunakan apabila kondisi bad sector masih tidak terlalu parah atau minimal masih bisa login kedalam windows. Bila kondisi bad sector sudah menyebabkan harddisk gagal untuk login anda dapat melepas harddisk dan memasangkan ke komputer lain untuk melakukan scanning dengan software diatas. Alternatif kedua dapat menggunakan Bootable CD yang sudah diburn program-program untuk mengecek HD bad sector seperti Wondershare Live Boot,  UBCD4Win atau Hiren’s Boot CD.

Langkah Kedua, Selamatkan Data Anda!

Setelah melakukan scanning harddisk dengan tools diatas, bila tampak hasil scanning yang menunjukkan adanya bad sector pada harddisk anda, disarankan agar segera menyelamatkan data anda ke harddisk lain terlebih dahulu untuk mencegah kondisi harddisk yang memburuk. Disarankan untuk melepas harddisk PC anda untuk dipasangkan sebagai eksternal melalui kabel USB Harddisk Converter (USB 2.0 IDE/SATA) pada komputer lain. Hal ini mutlak dilakukan apabila kondisi bad sector sudah cukup parah hingga harddisk tidak dapat booting ke Windows. Setelah dipasangkan dikomputer lain sebagai eksternal, anda dapat menggunakan software data recovery seperti Easus Data Recovery atau MiniTool Data Recovery Wizard
Menyelamatkan-Data-Harddisk-Bad-Sector

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector

Setelah menyelamatkan semua data anda, langkah berikutnya adalah memperbaiki bad sector pada harddisk anda. Untuk kasus bad sector parah atau yang disebabkan oleh kerusakan fisik, hal ini cukup sulit untuk dilakukan oleh orang awam karena membutuhkan keterampilan untuk membongkar harddisk secara fisik. Bila kondisi harddisk anda sudah sampai tahap ini disarankan agar anda membawa harddisk anda ke ahli data recovery. Untuk wilayah Jakarta, ahli data recovery dapat anda temukan di Mall Mangga Dua atau Ambassador Mall.
Bila kondisi bad sector pada harddisk masih dapat terbaca dikomputer seperti yang dibahas pada tulisan diatas, anda dapat memperbaikinya melalui salah satu cara berikut:
  1. Format Ulang Harddisk Anda. Pastikan semua data telah ter-backup pada harddisk lainnya. Perlu diingat untuk memilih Full  Format (termasuk partisi). Setelah itu buat partisi baru dan instal ulang Windows anda. Bila tidak menyelesaikan masalah gunakan sebuah software bernama Low Level Format. Dengan software ini harddisk anda akan diformat secara total hingga ke bagian terdalam pada logic harddisk. Dengan cara ini diharapkan agar bagian pada bad sector akan ikut hilang bersamaan dengan proses ‘pemutihan’ ini.
  2. Gunakan tools recovery standar dari manufaktur (merek) harddisk yang bersangkutan seperti Seagate, Maxtor, Hitachi dll.
  3. Gunakan fitur standar pada Windows yang bernama Scan Disk. Untuk menggunakan fitur ini, klik kanan pada drive harddisk anda > pilih Properties. Lalu Tab Tools dan klik Check Now. Klik Start untuk memulai proses (lihat gambar dibawah).
  4. Cara-memperbaiki-harddisk-bad-sector
  5. Fitur Check Disk diatas juga dapat diakses melalui Command Prompt dengan mengetikkan perintah ChkDsk /R D: (D adalah harddisk yang ingin anda scan bagian bad sectornya)
  6. Gunakan Software seperti HDAT2, MHDD, Active Kill Disk, atau DiskWipe. Disarankan untuk membaca baik-baik panduan pada software-software tersebut karena cukup beresiko menghilangkan data di harddisk anda bila terjadi kesalahan dalam settingan.
Ancaman Dosa Meninggalkan Shalat Wajib 5 Waktu
  1. SUBUH = Dia akan disiksa selama 60 tahun di dalam Neraka
  2. DHUHUR = Dosanya seperti membunuh 1000jiwa orang islam
  3. ASHAR = Dosanya seperti meruntuhkan Ka'bah.
  4. Magrib = Dosanya seperti berzina dengan orang tua kita.
  5. ISYA' = Allah tidak meridhoi ia hidup di bumi Allah dan disegerakan agar ia mencari tempat lain.
Nabi Muhammad SAW bersabda = " Barang Siapa yang mengingatkan ini kepada orang lain. Akan aku buatkan tempat di surga baginya pada hari penghakiman kelak "
Marilah

0 Comments:

Post a Comment

Bookmark and Share